Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi dan mencegah mual pada saat puasa dengan 5 cara yang mudah

Mengatasi dan mencegah mual pada saat puasa dengan 5 cara yang mudah
Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/model-modis-cantik-wanita-cantik-7670374/

Mengatasi dan mencegah mual pada saat puasa dengan 5 cara yang mudah

Mual – mual saat kita melakukan puasa pasti akan mengganggu kegiatan dan juga ibadah yang sedang kita lakukan. Tidak sedikit dari kita enggan untuk sahur karena biasanya akan  muncul rasa mual. Tapi jika kita tidak sahur, tubuhakan menjadi tidak ada tenaga dan juga lemas, hal ini bisa terjadi karena tidak adanya energi yang masuk ke tubuh kita. Maka dari itu pada kesempatankali ini dunia guru 87 akan  membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya rasa mual ketika sedang berpuasa

Penyebab terjadinya mual ketika puasa

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi alasan terjadinya atau munculnya rasa mual ketika puasa. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Terjadinya infeksi atau virus

Virus ataupun  bakteri mampu menimbulkan rasa  mual ketika kita tengah berpuasa. Bakteri bawaan yang ada pada makanan mampu menyebabkan terjadinya penyakit yank kita kenal dengan keracunan makanan, selain itu infeksi dari virus juga akan mampu memunculkan rasa mual.

2. Masuk angin

Pada saat puasa, kita terbiasa untuk bangun terlalu pagi, ketika bangun terlalu pagi ini biasanya udara di sekitar kita akan sangat dingin. Hal ini secara tidak langsung akan menjadi penyebab terjadinya masuk angin. Dengan tubuh yang mengalami  masuk angin akan menimbulkan efek mual sepanjang hari.

3. Gerd

Gerd ini mampu membuat makanan yang telah kita konsumsi kembali naik ke kerongkongan, hal ini akan membuat kita merasakan rasa terbakar dan akan menimbulkan juga rasa mual

4. Sahur yang tidak benar

Ketika sahur kita harus memperhatikan asupan gizi yang akan masuk ke dalam tubuh, karena  tubuh akan memerlukan energi untuk beraktivitas seharian. Realita  yang terjadi dilapangan adalah kita jarang memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, konsumsi makanan yang tidak benar akan dapat memicu terjadinya mual pada saat puasa

5. Tidur saat kekenyangan

Perlu kita ketahui apabila kita tidur setelah melaksanakan sahur akan menimbulkan atau memunculkan rasa mual.

Saat kita tertidur dengan kondisi perut yang sedang kekenyangan, akan menimbulkan naiknya asam lambung.

Cara –cara mengatasi mual ketika  puasa

1. Mencari udara yang hangat

Usahakan  untuk menghindari udara dingin, dan mencari udara yang lebih  hangat ketika puasa,hal ini cenderung efektif untuk  mengurangi dan mengatasi terjadinya mual.

2. Otot rileks

Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk menghindari mual adalah dengan membuat otot kita rileks atau lebih di kenal dengan PMR .  kita harus bisa menegangkan dan juga mengendurkan otot dengan berkesinambungan agar bisa merelaksasi otot dan juga mental

3. Minyak  kayu putih

Jika kita  ada di dalam ruangan, kita bisa mempergunakan minyak kayu putih  untuk  bisa membuat tubuh kita menjadi hangat. Kita tinggal mengoles ke perut dan juga leher agar tubuh kita menjadi hangat.

4. Menghirup  minyakkayu putih

Selain mengoleskan minyak kayu putihke bagian tubuh, kita juga bisa menghirup aroma dari minyak kayu putih ini untuk mengurangi rasa  mual dan juga muntah. Cara ini cukup efektif ketika kita sedang berpuasa dan tidak membatalkan puasa.

5. Akupuntur dan juga akupresur

Akupuntur atau akupresur merupakan dua jenis tehnik pengobatan yang dilakukan secara tradisional yang berasal dari tiongkok yang mampu mengatasi terjadinya mual dan muntah ketika kita sedang berpuasa.

Pengobatan dengan cara akupuntur dilakukan dengan media jarum yang tipis yang akan di masukkan kedalam titik titik yang ada di dalam tubuh. Berbeda dengan pengobatan dengan cara akupresur yang akan menstimulasi titik tubuh dengan menggunakan tekanan tekanan.

Kedua tehknik pengbatan ini bertujuan untuk merangsang serabut saraf kita agar mengirimkan sinyal ke otak dan juga sumsum tulang belakang untuk mengurangi rasa mual ketika kita berpuasa.

Cara – cara mencegah rasa mual ketika berpuasa

Agar rasa  mual tidak menyerang kita, kita bisa mencegahnya dengan beberapa cara di bawah ini

1. Meminum air hangat

Meminum air hangat akan membuat perut kita menjadi lebih nyaman, sangat disarankan untuk mencampur air hangat dengan jahe agar lebih terasa khasiatnya.

2. Mengunyah makanan dengan perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan dan tidak buru buru akan membantu sistem kerja pencernaan kita.hal ini akan membuat kita bisa tidur tanpa takut akan muncul rasa yang tidak enak atau tidak nyaman.

3. Menghindari makanan – makanan yang pedas

Makanan – makanan yang pedas mampu untuk membuat lambung kita iritasi, dan akan dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan, maka dari itu ketika kita sedang berpuasa, sangat tidak di sarankan  untuk mengkonsumsi makanan – makanan dengan rasa yang pedas untuk menghindari rasa mual dan juga gangguan pencernaan.

4. Menghindari minuman kafein

Minuman – minuman yang mengandung kafein dapat menimbulkan rasa  mual, pusing, lelah, otot terasa nyeri, kesulitan untuk tidur, dan lebih mudah untuk marah.

Kita tahu bahwa  rasa mual yang muncul ketika kita berpuasa akan dapat mengganggu aktivitas kita, maka dari itu kita harus membatasi konsumsi kafein harian.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk  mengatasi rasa  mual dan juga muntah yang muncul ketika kita sedang berpuasa. Semoga saja artikel dari dunia guru ini bisa membantu kita untuk mencegah dan mengatasi rasa mual. Dengan  kondisi  tubuh yang sehat dan fit akan membantu kita untuk lebih mudah untuk menjalani ibadah puasa lebih baik lagi.