Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 sayuran dan bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan ala dunia guru 87

 10 sayuran dan bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan ala dunia guru 87

10 sayuran dan bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan ala dunia guru 87
Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/botol-bumbu-di-rak-531446/


Sayuran – sangat banyak jenis sayur – sayuran yang kita konsumsi setiap harinya, mulai dari kangkung, bayam, sawi dan masih banyak lagi lainnya.tahukah kita manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi sayuran? Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 telah merangkum manfaat dari beberapa jenis sayuran yang sangat di  butuhkan oleh tubuh kita.

Sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita

Pada artikel  ini dunia guru akan  membahas tentang sayuran yang berbentuk akar/ umbi umbi yang sering kita konsumsi. Sayur – sayuran yang akan  di bahas  pada artikel ini antara lain

1. Kunyit

Kunyit sangat banyak membawa manfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah untuk mengatasi panas dalam. Kunyit juga terdapat kandungan antioksidan yang akan sangat membantu tubuh kita unutk tetap fit. Kunyit juga sering kita temukan pada jamu dan juga makanan makanan yang berasal dari daerah India.

2. Kentang

Kentang sering dipergunakan untuk menjadi bahan pokok dari beberapa jenis makanan yang ada di indonesia.  Kentang bisa kita jadikan kentang goreng, perkedel atau di campur kedalam sop, selain itu kentang juga bisa kita olah menjadi beragam jenis kue.

Kentang kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan kita, selain itu di dalam kentang juga terdapat vitamin C, B6, potasium, dan juga mangan.

3. Lobak 

Lobak sering kita jumpai dalam tumisan sayuran, atau isian dari pangsit, lobak juga bisa kita olah menjadi beragam jenis makanan seperti sup, acar, dan juga bisa kita olah menjadi kimchi. Lobak kaya akan serat sehingga bisa menjaga kita dari masalah pencernaan.

4. Wortel 

Ini adalah salah satu jenis sayuran yang sangat banyak digunakan, kita bisa mengolah wortel untuk menjadi acar, sop, dan masih banyak lagi yang lainnya. Wortel juga bisa kita olah menjadi minuman seperti jus atau smooties. Di dalam wortel terdapat kandungan seperti beta karoten, vitamin A dan vitamin K.

5. Bawang merah

Bawang merah merupakan jenis sayuran akar yang paling sering digunakan. Banyak jenis makanan yang menggunakan bawang merah ini sebagai bahan penting di dalamnya. Bawang merah adalah salah satu bumbu makanan yang akan membuat makanan menjadi lebih gurih dan juga nikmat. Bawang merah ini bisa juga di olah dengan berbagai proses mulai dari di goreng, direbus, dan juga di bakar.

Suplai serat bisa kita dapatkan dari bawang merah ini, bawang merah ini juga merupakan salah satu prebiotik yang sangat baik untuk pencernaan kita, selain itu bawang merah juga kaya akan anti oksidan yang akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi lebih baik lagi.

6. Adas

Di sebagian negara barat menggunakan adas untuk beberapa jenis makanannya. Adas terbagi menjadi dua yaitu adas pedas  dan juga adas manis. Adas pedas bisa kita temukan di dalam obat herbal dan beberapa jenis jamu.

Sedangkan untuk adas manis biasa digunakan untuk bumbu dapur dan juga sayuran. Semua bagian dari adas ini bisa kita pergunakan mulai dari akar, batang hingga daun. 

Bagian dari adas yang paling sering di pakai adalah bagian akar, akar adas kaya akan mangan, vitamin C dan juga potasium. Adas sangat bermanfaat untuk tubuh karena akan dapat kita gunakan untuk mencegah kita sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

7. Bawang putih

Bawang putih adalah temannya bawang merah hehehehe, bawang putih ini biasanya kita gunakan untuk bumbu dari masakan yang kita buat. Bawang putih juga bisa kita gunakan untuk menurunkan tekanan darah dan untuk melancarkan peredaran darah di tubuh kita.

8. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan makanan untuk membuat beragam jenis minuman dan juga makanan. Jahe memiliki rasa yg pedas dan khas sehingga kita bisa mencampurnya dengan bahan yang lainnya. Wedang jahe yang merupakan salah satu minuman favorit dari banyak orang memiliki bahan utama berupa jahe.

Jahe memiliki manfaat yg sangat banyak, hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan yang ada di dalam jahe ini.

9. Buah Bit

Jenis buah ini memang jarang untuk di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk kita bisa mencoba manfaat dari buah ini, karena buah ini sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Buah pit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, akar dari buah pit ini berwarrna ungu yang mengandung folat dan juga mangan.

Buah pit ini bisa kita gunakan untuk campuran dari kue ataupun mie, hal ini sangat dianjurkan daripada kita harus menggunakan pewarna buatan.

10. Ubi jalar

Seperti yang kita ketahui bahwa  ubi jalar bisa kita pergunakan  sebagai opsi dari nasi , karena ubi jalar kaya akan  karbohidrat. Ubi jalar memiliki warna yang beragam, dan rasanya pun senderung manis. Perlu kita ketahui bahwa  ubi jalar juga kaya akan serat.

Ubi jalan ini bisa kita jadikan camilan dengan beragam bentuk, tergantung bagaimana cara kita mengolahnya. Dengan mengkonsumsi ubi jalar setiap hari, kita akan bisa mendapatkan  beragam manfaat seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan anti oksidan.

Demikianlah pembahasan dari artikel tentang sayuran dan bahan makanan yang baik utnuk kesehatan. Semoga saja artikel ini bisa berguna bagi teman teman dan bisa menjadi salah satu acuan di dalam memilih dan mengolah aneka jenis makanan.