Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 cara ampuh menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk

10 cara ampuh menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk
Foto oleh Jimmy Chan: https://www.pexels.com/id-id/foto/gigitan-nyamuk-pada-kulit-2382223/

10 cara ampuh menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk

Nyamuk – tidak adaorang yang tidak pernah digigit nyamuk, nyamuk memang tak mungkin kita lepas dari kehidupan kita. Selain dapat menyebabkan gatal, gigitan nyamuk juga dapat menimbulkan bentol pada tempat yang dia gigit. Hal ini pasti sangat mengganggu, lalu apa sih penyebabnya dan bagaimana cara kita agar bisa menghilangkan bekas gigitannya?

Penyebab dari munculnya bentol setelah  digigit nyamuk

Seperti yang kita ketahui bahwa darah adalah makanan dari nyamuk, di dalam darah kita terdapat nutrisi yang sangat dibutuhkan  oleh nyamuk untuk bertahan hidup. Ketika  nyamuk menusuk kulit kita, nyamuk akan mengeluarkan liur yang akan dapat menyebabkan darah kita tidak cepat untuk bisa menggumpal, dengan cara inilah nyamuk dapat dengan mudah mengisap darah kita. Yang perlu kita ketahui adalah liur dari nyamuk terkandung protein dan juga enzim yang akan dianggap berbahaya untuk tubuh kita.

Respon tubuh kita setelah di gigit nyamuk adalah diproduksinya histamin dengan jumlah yang banyak, hal ini akan memunculkan alergi pada kulit dengan ciri ciri munculnya pembengkakan dan juga peradangan pada kulit kita, hal inilah yang kita kenal dengan bentol akibat dari gigitan dari nyamuk.

Cara ampuh  menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk

Dengan munculnya bentol akibar dari gigitan nyamuk adalah hal yang wajar karena tubuh akan bereaksi akan hal tersebut, kita tidak perlu risau akan hal tersebut, tapi yang menjadi masalahnya adalah kita kadang akan menggaruk bekas dari gigitan nyamuk tersebut. Hal ini tentu akan berimbas kepada semakin parahnya bentol yang telah  muncul. Sebelum hal ini lebih parah lagi,dunia guru akan membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk.

1. Menggunakan soda kue

Soda kue atau kita kenal dengan baking soda ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati kulit termasuk mengobati bekas gigitan nyamuk.

Campurkanlah baking soda secukupnya dengan air hangat, aduklah hinga berubah menjadi pasta, kemudian oleskan pada bagian kulit yang bentol dan diamkan selama beberapa menit,lalu bilas dengan air bersih

2. Menggunakan cuka apel

Ada beberapa bahan alami yang memang kita percaya mampu untuk menghilangkan bentol yang terjadi karena gigitan nyamuk. Salah satu bahan alami tersebut adalah cuka apel, cara menggunakannya juga sangatlah mudah, kita cukup meneteskan beberapa tetes cuka apel ke kapas yang telah kita sediakan,lalu tempelkanlah pada kulit yang terkena gigitan nyamuk, tempel hingga rasa gatal menghilang.

3. Alkohol

Ternyata alkohol juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas bentol akibat dari gigitan nyamuk.

Sediakanlah kapas lalu teteskan beberapa  tetes alkohol, kemudian tempelkanlah pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Jika memungkinkan alangkah baiknya setelah terjadi bentol, kita langsung menggunakan cara ini agar bentol yang terjadi lebih cepat untuk hilang.

4. Membersihkannya dengan sabun

Jika kita tergigit oleh nyamuk, kita bisa menghilangkannya dengan menggunakan sabun dan juga air. Usahakan air yang di gunakan adalah air hangat.

Langkah langkahnya adalah bilas area yang digigit dengan air hangat,kemudian oleslah dengan sabun, diamkan beberapa saat lalu bilas kembali dengan air hangat. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bentol yang muncul dan rasa juga gatal 

5. Menggunakan krim pemutih untuk kulit

Di dalam krim pemutih kulit terdapat kandungan retinol dan juga vitamin E yang juga mampu untuk  mengobati bentol akibat dari gigitan nyamuk. Krim ini juga berguna untuk menghilangkan warna kemerahan yang di timbulkan oleh gigitan tersebut.

6. Kortikosteroid

Jika bekas gigitan tidak kunjung hilang setelah diberikan bahan alami, maka kita bisa menggunakan krim kortikosteroid untuk mengobati peradangan yang terjadi.

Tapi sebelum menggunakan cara ini, teman – teman wajib mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kepastian langkah apa yang harus kita lakukan.

7. Madu

Bahan alami lain yang bisa mengatasi bentol akibat dari gigitan nyamuk adalah madu. Madu memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita salah satunya juga menghilangkan bentol hal ini bisa terjadi karena di dalam madu terdapat kandungan antiinflamasi sehingga sangat ampuh untuk mengobati bentol

Oleskanlah madu pada area kulit yang terkena gigitan, diamkan selama beberapa menit lalu bilaslah dengan air bersih. Untuk cara menggunakan madu, lakukanlah berulang ulang hingga bentol  pada kulit menghilang

8. Antihistamin

Bekas dari gigitan nyamuk adalah reaksi dari kulit kita, maka dari itu diperlukan salep anthistamin. Salep anthistamin ini ada di apotik sekitar kita jadi sangat mudah untuk kita temukan, tapi sebelum menggunakan salep ini sangat disarankan untuk mengkonsultasikan terlebih  dahulu ke dokter kulit.

9. Menggunakan krim buah

Cara terakhir yang di rekomendasikan oleh dunia guru 87 adalah dengan menggunakan krim buah. Buah yang bisa kita gunakan untuk mengobati bentol akibat dari gigitan nyamuk adalah jeruk nipis, pepaya, dan juga tomat. 

Buah – buah ini efektif untuk menghilangkan noda kehitaman pada kulit kita. Caranya adalah dengan mencampur semua buah tersebut dan ubah menjadi lembut. Setelah lembut kita aplikasikan sebagai masker wajah. Kita bisa menggunakan buah buahan ini seminggu 2x sampai bekas dari gigitan nyamuk menghilang.

10. Mengkompres dengan Es Batu

Kita juga bisa menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk dengan menggunakan es batu.  Sediakanlah es batu, masukan ke dalam kantong plastik, kemudian selimuti kantong tersebut dengan kain atau handuk. Tempelkanlah pada bagian tubuh yang digigit oleh nyamuk sekitar 5 sampai 10 menitan. Cara ini cukuplah efektif untuk menghilangkan bekas dari gigitan nyamuk.

Cara ampuh mencegah gigitan dari nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu sumber masalah untuk kesehatan kita,  karena selain bentol dan juga gatal, gigitan nyamuk juga membawa berbagai jenis virus yang berbahaya seperti malaria, DB, dan juga cikungunya.

Maka dari itu, kita harus bisa menghindari gigitan dari nyamuk dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini

• Usahakan untuk menggunakan pakaian yang tertutup, yang menutupi  kaki dan tangan kita
• Menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita
• Kenjaga kesehatan tubuh 

Demikianlah pembahasan dari cara ampuh untuk mengilangkan bentol akibat dari gigitan nyamuk. Semoga saja artikel ini bisa membantu kita agar bisa membuat kehidupan kita lebih baik lagi.