Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara memilih pasta gigi yang baik ala dunia guru 87

7 Cara memilih pasta gigi yang baik ala dunia guru 87
Foto oleh George Becker: https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-fokus-selektif-dan-closeup-dari-sikat-gigi-dengan-pasta-gigi-298611/

7 Cara memilih pasta gigi yang baik ala dunia guru 87

Pasta gigi – menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan setiap harinya, hal ini kita lakukan untuk membuat gigi kita bersih dan juga sehat, dan juga menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Hal yang perlu kita perhatikan adalah pasta gigi yang kita pilih untuk menggosok gigi. Hal ini sangat penting karena kita semua tentu berharap pasta gigi yang kita pilih ini bisa optimal di dalam membersihkan gigi kita.

Manfaat dari pasta gigi

Dua hal penting dalam menggosok gigi adalah pasta gigi dan juga sikat gigi yang kita pergunakan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasta gigi, manfaat dari pasta gigi adalah untuk menghilangkan bau mulut, menghilangkan flak pada gigi, dan meremineralisasi gigi kita.

Pasta gigi yang beredar di pasaran di produksi sesuai dengan kebutuhan kita dan juga kondisi dari gigi kita masing masing. Hal ini bisa terlihat dari ada pasta gigi yang khusus untuk para perokok , ada pasta gigi khusus untuk gigi yang sensitif, sampai ada pula pasta gigi yang tanpa detergen

Cara memilih pasta gigi yang cocok dengan gigi kita

Kita wajib untuk melakukan pemilihan jenis pasta gigi yang tepat untuk gigi kita, karena jika kita tidak benar atau tidak tepat dalam memilih pasta gigi, akan berimbas terhadap kesehatan dari gigi kita sendiri.

Dibawah ini telah dunia guru 87 rangkum cara memilih pasta gigi yang tepat untuk kebutuhan gigi kita masing masing

1. Memilih pasta gigi tartar

Cara memilih pasta gigi yang pertama adalah memilih pasta gigi tartar.jenis pasta gigi ini berfungsi untuk menghilangkan lapisan – lapisan plak yang menempel di permukaan gigi. Manfaat dari pasta gigi ini terjadi karena komposisinya yang terdiri dari nitrat, seng triclosan dan pirofosfat

2. Memperhatikan kandungan yang aktif  yang ada di dalam pasta gigi

Di dalam pasta gigi terdapat beberapa bahan yang aktif,setiap bahan tersebut memiliki fungsinya masing masing. Bahan – bahan aktif tersebut antara lain

• Humektan, 

Humektan ini merupakan salah satu bahan aktif yang memiliki fungsi untuk menjaga pasta gigi agar tidak lekas kering.

• Flouride

Flouride merupakan slah satu bahan aktif yang memiliki fungsi untuk mencegah gigi kita berlubang. Yang perlu menjadi catatan adalah untuk anak anak yang masih berusia balita sangat dianjurkan untuk menghindari pasta gigi yang terdapat flouride karena dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh.

• Deterjen

Deterjen akan membuat pasta gigi menjadi berbusa ketika digunakan. Deterjen yang ada di dalam pasta gigi ini terdiri dari natrium lauril sulfat

• Bahan – bahan abrasif

Bahan – bahan ini memiliki fungsi untuk menghilangkan noda – noda  dan juga plak pada gigi kita. Selain itu bahan abrasif ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan. Bahan abrasih terdiri dari kalsium karbonat dan juga silikat.

• Perasa buatan

Untuk bahan ini memiliki fungsi untuk memberi rasa pada pasta gigi . untuk anak anak biasanya perasa yang di berikan adalah buah buahan dan untuk pasta gigi untuk dewasa biasanya  beraroma mint.

3. Pilihlah pasta gigi yang bersertifikasi

Sangat dianjurkan untuk memilih pasta gigi yang sudah bersertifikasi dan lolos dari uji badan yang terkait, seperti badan BPOM RI. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keamanan ketika menggunakan suatu produk pasta gigi.

4. Pilihlah pasta gigi dengan sedikit deterjen

Jika kita memilih pasta gigi, salah satu yang kita perhatikan adalah kandungan deterjennya. Usahakan untuk memilih  deterjen yang sedikit karena itu lebih  baik.

Jika pasta gigi yang kita miliki menghasilkan deterjen yang banyak akan mengakibatkan kita rawan untuk terkena sariawan. Maka dari itu  sangat dianjurkan untuk memilih pasta gigi yang tidak banyak menghasilkan busa.

5. Memilih pasta gigi yang mengandung flouride

Flouride merupakan salah satu bahan aktif yang ada di dalam pasta gigi yang memiliki manfaat untuk menjegah gigi kita rusak dan juga berlubang. Walaupun begitu, kita juga harus memastikan banyaknya kandungan flouride yang ada di dalam pasta gigi. Hal ini disebabkan karena flouride merupakan salah satu bahan yang tidak juga bisa di bilang aman untuk tubuh kita. 

Kelebihan kandungan flouride mampu merusak organ – organ tubuh kita, selain itu akan dapat merusak gigi anak anak

6. Memilih yang sesuai dengan gigi kita

Penting bagi kita untuk mengetahui kondisi gigi kita sebelum memilih pasta gigi . jika gigi teman – teman masuk kedalam kategori sensitif dan juga ngilu, teman teman bisa memilih pasta gigi yang mampu untuk meredakan rasa  ngilu tersebut. 

Untuk pasta gigi yang diperuntukan untuk gigi yang sensitif biasanya terdiri dari mineral, potasium citrate, dan hydroxyapatite.

Tapi jika gigi sensitif kita di sebabkan oleh gangguan saraf, pasta gigi tersebut tidak akan efektif. Lebih efektif jika kita mengobati saraf gigi tersebut ke dokter gigi.

7. Tidak terlalu mempercayai pasta gigi yang menjanjikan gigi putih

Kita sering melihat iklan pasta gigi yang mempromosikan barangnya yang bisa memutihkan gigi. Kita jangan terlalu termakan oleh iklan produk pasta gigi yang menjanjikan hal tersebut.

Kenyataannya adalah kandungan pasta gigi tidak ada yang benar bisa memutihkan gigi kita seperti yang mereka iklankan kepada kita, walaupun bisa memutihkan ,akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan hasilnya pun tidak akan semaksimal seperti apa yang di iklankan.

Cara menyikat gigi kita juga harus benar dan baik

Sebaik apapun Produk pasta gigi yang kita pilih, harus kita tunjang juga dengan cara menggosok gigi yang benar, agar hasilnya bisa maksimal sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Menurut ADA ( american Dental Association ) cara menggosok gigi yang tepat adalah kita harus menempatkannya disela antara gusi  dan juga gigi. Minimal sehari kita menggosok gigi sebanyak 2-3 kali dan selama 1 hingga 2 menit.

Demikianlah pembahasan tentang cara memilih pasta gigi yang benar menuruh apa yang di rangkum oleh dunia guru  87.