Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 cara ampuh mengatasi sembelit yang datang saat puasa ala dunia guru 87

5 cara ampuh mengatasi sembelit yang datang saat puasa ala dunia guru 87
Foto oleh Sora Shimazaki: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menderita-sakit-perut-5938366/

5 cara ampuh mengatasi sembelit yang datang saat puasa ala dunia guru 87

Sembelit – puasa yang kita jalani selama sebulan penuh, akan membuat tubuh kita mengalami beberapa  gangguan. Dehidrasi akan menyerang kita pada siang hari yang di tandai dengan munculnya rasa pusing, saat berbuka puasa dengan makanan  - makanan yang berminyak, asam,  dan yang pedas akan memunculkan rasa mual, hal ini terjadi karena perut kita yang konsong dan juga sensitif. 

Selain keadaan yang tadi telah di sebutkan, sembelit adalah salah satu masalah yang juga muncul ketika kita berpuasa. Kita pasti merasa sangat tidak nyaman ketika mengalami sembelit apalagi pada bulan  puasa, lalu apa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sembelit ini?

Penyebab – penyebab munculnya sembelit ketika kita berpuasa

Kemungkinan besar terjadinya sembelit yang kita alami ini terjadi karena kesalahan faktor makanan dan kesalahan dari diri kita sendiri. Kita tidak mampu mengontrol makanan dan minuman apa saja yang boleh dan juga tidak boleh sehingga sembelit muncul dan mengganggu kenyamanan kita. Di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum  beberapa penyebab munculnya sembelit antara lain :

1. Mengkonsumsi makanan berlemak yang berlebihan

Ketika tiba waktu untuk berbuka puasa kita sering membeli makanan gorengan, dan kita terkadang kalap mengkonsumsinya. Hal ini tentu akan berimbas kepada pencernaan kita. Jadi jika ingin pencernaannya tidak bermasalah, alangkah baiknya kita bisa mengurangi konsumsi dari makanan – makanan yang berminyak.

2. Glukosa darah yang rendah

Salah satu masalah yang muncul ketika kita berpuasa adalah hipoglikemia yaitu kadar glukosa dari darah kita yang rendah. Keadaan ini akan mengakibatkan tubuh akan merasa lemah dan juga lesu.

Hipoglikemia ini akan mengakibatkan aktivitas kita menjadi rendah,yang akan dapat memperlambat gerakan usus.

3. Kurang minum air putih

Ketika bulan puasa, Kita tentunya kesulitan untuk melengkapi kebutuhan air minimal harian kita yaitu 6 sampai 8 gelas setiap harinya. Sangat dianjurkan agar kita bisa menghabiskan 3 sampai 4 gelas  air di saat kita sahur agar kita terhindar dari sembelit dan juga dehidrasi.

4. Konsumsi buah dan sayur yang kurang

Makanan – makanan yang manis atau minuman yang manis tentu merupakan favorit  ketika berbuka puasa. Yang menjadi masalahnya adalah terkadang kita lupa untuk mengkonsumsi buah – buahan dan juga sayur karena kita lebih fokus terhadap makanan dan juga minuman yang manis.

Hal inilah yang akan menjadi salah satu penyebab dari munculnya sembelit yang sangat mengganggu dan tidak kita inginkan.

5. Kelebihan mengkonsumsi olahan – olahan dari susu 

Seperti yang kita ketahui bahwa beragam olahan susu mampu memperlambat sistem pencernaan kita. Hal ini akan menjadi lebih parah apabila makanan yang kita konsumsi minim kandungan serat ( buah dan sayur ). Jika kita ingin meminum susu, usahakan untuk memperbanyak makanan – makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Cara ampuh mengatasi sembelit yang muncul ketika puasa

Sembelit yang muncul ketika kita tengah berpuaa tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita,di bawah ini adalah beberapa cara yang telah dunia guru 87 rangkum untuk mengatasi sembelit ketika berpuasa

1. Berolahraga

Dengan rutin berolahraga setiap hari akan dapat mengatasi sembelit yang menyerang kita. Sangat disarankan untuk berolahraga menjelang berbuka puasa agar tidak  menguras tenaga kita.

Kegiatan fisik seperti berolahraga akan membuat aktivitas otot kita menjadi meningkat. Selain itu tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan bugar dalam menjalani bulan puasa.

2. Mengkonsumsi sayuran – sayuran hijau

Sayuran sayuran yang hijau seperti brokoli, kubis brussel, dan bayam selain kaya akan serat, juga kaya akan vitamin K , vitamin C dan juga folat. Sayuran hijau dapat mengatasi terjadinya sembelit yang menyerang kita ketika berpuasa

3. Minum kopi

Untuk beberapa orang, meminum kopi akan menyebabkan kita sering kencing, hal ini bisa terjadi karena kopi akan merangsang sistem pencernaan kita. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa kopi akan menstimulus  usus kita dan mengatasi sembelit yang tengah kita rasakan.

4. Mengkonsumsi makanan – makanan yang berserat tinggi

Mengkonsumsi makanan – makanan yang berserat tinggi yang berasal dari buah – buahan akan mempermudah jalannya tinja menuju anus. Maka dari itu cukupilah kebutuhan serat harian kita dengan mengkonsumsi buah buahan. Selain buah – buahan ternyata roti gandum dan juga sereal ternyata juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Menurut saran dokter, kita harus mampu memenuhi 14 gram serat setiap 1000 kalori yang masuk kedalam tubuh kita. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kerja sistem pencernaan kita.

5. Mencukupi kebutuhan air putih harian kita 

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi sembelit adalah dengan mencukupi kebutuhan air harian kita. Kebutuhan harian kita antara 6 sampai 8 gelas setiap harinya.

Usahakan untuk bisa minum 3-4 gelas pada sahur, agar kita terhindar dari dehidrasi, dan sisanya pada saat berbuka puasa selain untuk mencegah terjadinnya sembelit, memenuhi kebutuhan harian air kita akan membuat tubuh kita menjadi lebih berenergi.

Demikianlah pembahasan dari artikel tentang cara  mengatasi sembelit yang biasanya menyerang kita pada bulan puasa. Semoga saja sembelit yang kita alami bisa cepat teratasi dan kegiatan berpuasa kita bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berati

Selain artikel kesehatan, di dalam blog dunia guru 87 ni juga terdapat artikel – artikel tentang kependidikan yang kiranya akan di butuhkan oleh para guru yang ada di indonesia.